Mobil Murah Datsun Hadir di Indonesia

By | September 17, 2013

Mobil murah bakal makin meriah. Hari ini, Selasa (17/9/2013), sesuai dengan rencana, Nissan Motor akan memperkenalkan untuk pertama kali di dunia mobil murah Datsun khusus untuk pasar Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, Datsun World Premier yang akan digelar di Gandaria City Jakarta sore ini dihadiri langsung oleh pucuk pimpinan Nissan Motor Co Ltd Carlos Ghosn. Peluncuran mobil ini tepat 2 hari menjelang Indonesia International Motor Show 2013.

Nissan Motor sebagai pemilik merek Datsun masih menyimpan rapat-rapat model mobil murahnya itu yang diklaim dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia.

Model baru itu dipastikan berbeda dengan Datsun Go, mobil hatchback lima penumpang, yang telah diluncurkan di India pada 15 Juli lalu.

Berbagai informasi menyebutkan Datsun untuk Indonesia berbentuk mobil penumpang serbaguna (MPV) tujuh penumpang. Namun, mobil itu disebutkan masih berbasis Datsun Go yang dikembangkan menjadi MPV kompak.

Pertanyaan seputar mobil Datsun Indonesia ini adalah apa namanya, spesifikasi, dan harganya? Untuk nama hingga berita ini diturunkan belum jelas sebab Nissan belum pernah mendaftarkan tipe mobil itu ke Kementerian Perindustrian.

Adapun spesifikasi kendaraan itu, meskipun berbeda dengan Datsun Go, kemungkinan beberapa fitur sama. MPV Datsun berbasis Go itu punya tiga beris tempat duduk seperti pada MPV lainnya, sehingga total kapasitasnya menjadi tujuh orang (tujuh dewasa dan satu anak-anak).

Soal mesinnya pun masih spekulasi, Nissan bisa saja menggunakan mesin DIS supercharger 1.200 cc yang lebih bertenaga, sama seperti mesin Nissan Micra berkapasitas 1.200 cc 3 silinder yang dijual di India, ditambah supercharger.

Nissan juga punya mesin 1.500 cc 4 silinder untuk Micra yang dipasarkannya di Asia, selain mesin diesel K9K 1.500 cc. Namun, untuk mobil murah di Indonesia, Nissan tentu harus menggunakan mesin maksimal 1.200 cc.

Pertanyaan lain yang baru terjawab adalah berapa banyak varian Datsun yang akan diperkenalkan Nissan untuk pasar Indonesia.

Yang jelas, Datsun harus memenuhi syarat sebagai low cost and green car (LCGC) untuk menikmati diskon 100% pajak penjualan barang mewah (PPnBM) yaitu konsumsi bahan bakar minimal 20 km per liter dan harga di bawah Rp100 juta.

Ini sekaligus menjawab informasi mengenai harga, yakni MPV Datsun dipastikan di bawah Rp100 juta untuk varian standar. Namun,  bisa saja harganya lebih dari Rp100 juta untuk varian di atasnya dengan tambahan fitur, seperti yang diterapkan oleh Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan Honda Brio Satya. (HL/Bisnis.com)

One thought on “Mobil Murah Datsun Hadir di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *