Cara Mencegah Jamur pada Body & Kaca Mobil

By | March 14, 2014

mobil toyota

Salah satu ciri mobil yang terawat dengan baik adalah yang terhindar dari jamur. Masalah jamur ini sering terjadi pada body mobil terutama jika pada musim hujan. Pemilik mobil mesti siaga menghadapi cuaca hujan, selain siaga banjir juga siaga jamur. Perawatan yang telaten pada mobil sangat diperlukan apabila mobil sering terguyur air hujan karena kandungan air hujan tersebut secara perlahan-lahan akan merusak body mobil.

Dibanding hujan yang terus menerus, kondisi mobil bisa lebih parah jika cuacanya silih berganti antara hujan dan panas. Mobil yang sudah terguyur hujan kemudian belum sempat dibersihkan hingga kering terkena cuaca yang berganti panas akan mempercepat tumbuhnya jamur. Bercak-bercak air hujan yang mengering pada bodi dan kaca mobil akan lebih sulit dibersihkan karena mengandung kotoran dan pasir.

Bagaimana cara mengatasinya? Jika mobil terguyur hujan, maka cucilah, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan plas chamois. Memang repot dan melelahkan, tapi lebih baik daripada bodi yang sudah terlanjur rusak karena jamur dan kotoran. Jika Anda malas dan tidak sempat membersihkan sendiri, datang saja ke tempat steam mobil. Lebih baik menunggu mobil dicuci di tempat cuci mobil setiap kehujanan.

Selain bodi, masalah jamur juga bisa mengancam kaca mobil. Jika terkena air hujan, jamur akan cepat sekali timbul. Selain masalah jamur, pada kaca juga akan muncul korosi atau karat di pinggiran kaca film. Oleh karenanya, sangat dianjurkan agar mobil langsung dibersihkan setelah kehujanan.

Pemilihan kaca film yang tepat saat musim hujan juga perlu dilakukan. Teknologi two way vision bisa membantu visual pengendara saat keluar kala hujan atau malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *